Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

LAPORAN OSK 2010- SDI DD


I.                   PENDAHULUAN

Alhamdulillah.....semua pujian hanya kepada Mu yaa... Alloh, saat waktu sudah menunjukkan pukul 10.00 WIB sebagai tanda selesainya tes babak penyisihan, Olimpiade Sains Kuark 2010,  Sabtu, 20 Februari 2010.
 Engkaulah yang telah memberikan kemudahan bagi kami semua, pelaksana kegiatan ini, sebagai OSK Centre untuk wilayah Depok dan mitra PT. Kuark Internasional. Sejak menerima tanggung jawab tugas penyelenggaraan OSK 2010,  Oktober 2009  yang lalu.
Terimakasih kepada segenap pimpinan Yayasan Dian Didaktika yang  telah memberikan dukungan sehingga memotivasi kami untuk sepenuh hati melaksanakan kegiatan ini. Tak lupa terimakasih yang sebesar- besarnya atas kerja keras teman- teman pembantu sekolah dan rekan-rekan guru, baik yang tergabung dalam kepanitiaan atau pun tidak.
Akhir kata, mohon maaf atas segala kekurangan apabila dalam pelaksanaannya banyak mengganggu semua pihak dan kekurangan-kekurangan yang lain,  dalam pelaksanaan kegiatan ini.

II.                 URAIAN PERSIAPAN KEGIATAN
  1. Pembuatan Proposal   dan Job Diskription

            Setelah penandatangan kesepakatan dengan PT Kuark Internasional sebagai OSK Centre, penanggung jawab yang ditunjuk menerima berkas-berkas pelaksanaan dan mempelajarinya , kemudian  konsep proposal dan draf kepanitian di buat  pada rapat koordinator bidang studi IPA  yang sekaligus membicarakan berbagai agenda even lomba dan kegiatan sekolah  yang berhubungan dengan IPA . (Panitia inti merupakan bapak/ibu guru yang mengajar bidang studi IPA
dari kelas 1 – 6)
                        
(Lampiran 1. Proposal )
(Lampiran 2. Job discription  )
(Lampiran 3. Susunan Panitia Pelaksana Kegiatan)



  1. Penyebaran brosur dan informasi  pendaftaran

Berkas yang sudah diterima diperbanyak dengan dilampirkan surat pengantar keikutsertaan OSK 2010, untuk mengajak sekolah-sekolah sekitar Depok,  negeri ataupun swasta dengan melampirkan formulir dan brosur OSK 2010 , kemudian di antarkan langsung oleh panitia seksi pendaftaran.

(Lampiran 4. Daftar sekolah yang Dikirim)

Pihak PT.Kuark juga memberikan bonus workshop untuk OSK Centre Dian Didaktika dengan menghadirkan 2 pakar sains sebagai instruktur . Workshop ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 November 2009 dan dihadiri oleh guru-guru seputar Depok dan guru sains SDI Dian Didaktika. Kegiatan ini juga dihadiri Shanny Djohan Direktur PT.Kuark Int. dan Ibu Nunuk,  yang sekaligus membuka acara tersebut. Laporan kegiatan ini sudah disampaikan ke Ketua Bidang Pendidikan

(Lampiran 5. Daftar Absen Peserta Workshop dan Foto – foto saat workshop).

  1. Pendaftaran dan Transfer Data Peserta ke OSK Pusat
           
Intensitas tertingi pendaftaran saat menjelang batas pendaftaran terakhir dan sempat mengalami perpanjangan waktu sampai dengan 30 januari 2010. Sedangkan pemasukan data ke pusat dilakukan dengan sistem komputerisasi dan pengiriman uang pendaftaran dilakukan melalui transfer BCA. 
Seluruh peserta yang terdaftar di OSK Centre Dian Didaktika berjumlah 489

Terdiri dari sekolah-sekolah antara lain :
1.      Al Fikri Depok, SDIT
2.      Al Haraki Deok, SDIT
3.      Al Hikmah, SDIT
4.      Al Qalam, SDIT
5.      Al hamidiyah, SDIT
6.      An Nuriyah Jagakarsa, SDI
7.      Ar Rahman Islamic School Depok, SDS
8.      Bina Insan Kamil Depok, SDIT
9.      Bina Kheir Depok
10.  Citayam 01 Depok, SDN
11.  Citayam  04 depok, SDN
12.  Darul Abidin Depok, SD
13.  Dian Didaktika Cinere, SDI
14.  Gandul 1, Depok, SDN
15.  Gandul 2 Depok, SDN
16.  Grogol 3 Limo Depok, SDN
17.  Krukut 3 Depok, SDN
18.  Limo 02 Depok, SDN
19.  Limo 03 Depok, SDN
20.  Lazuadi GIS
21.  Miftahul Ulum Depok
22.  Muqorobin Depok, SDIT
23.  Muhammadiyah meruyung Depok, Mts
24.  Nurul Fikri Depok, SDIT
25.  Pondok Cabe Ilir 1, SDN
26.  Pondok Cabe Ilir 2, SDN
27.  Pndok Labu 07 Pagi
28.  Umul Quro depok, SDIT

Adapun beberapa masalah seputar pendaftaran diantaranya
·         Beberapa kali kesulitan ekspor data, karena error
·         Pendaftaran yang ganda antara data pusat dengan centre , diperlukan koordinasi yang terus menerus dengan sekretariat OSK pusat
·         Pemindahan lokasi tes pada peserta/sekolah tertentu
·         Peserta yang mendaftar  terlambat / belum tercantum sehingga kita harus merevisi absensi,  mengkonfirmasi ke pusat, membuat data pada informasi peserta berulang-ulang, dan membuat kartu tanda peserta susulan, dsb.

(Lampiran 6. Data Peserta Babak Penyisihan OSK 2010 dan Ruangnya)

  1. Pembuatan Denah Ruang dan Pembagian Peserta Tiap Ruang

Urutan penempatan ruang yang mempermudah peserta menemukan ruangnya dimulai dari :
Kelas 1C          : Ruang 1
Kelas 1B          : Ruang 2, dst sampai dengan Kelas 2B
Kelas 2C          : Ruang 5, dst sampai dengan Kelas 3A
Kelas 6             : Ruang 13, dst sampai dengan Kelas 5B sebagai Ruang 17
  dan Kelas 5A tidak digunakan.
            Informasi  denah dan informasi peserta yang menempati ruang,  di tempel pada papan informasi yang terletak di wilayah tiap level.
Peserta akan di pandu oleh seorang pemandu ruang yang membantu menemukan informasi ruang tes peserta ,  selanjutnya
Peserta akan dipandu oleh seorang pemandu arah ruang yang membantu peserta menemukan ruangannya.

Untuk kepentingan ini semua, panitia sudah di briefing (Jum’at , 19 Pebruri 2010) agar SIGAP, CEPAT dan TANGGAP .

Peserta terbagi dalam 17 ruang tes dan tiap ruang maksimal terisi 30 peserta dengan rincian:
 Level  1           : 4 ruang,
Level  2            : 6 ruang
Level  3            : 7 ruang
Walaupun masih terdapat ruang campuran yaitu :
Ruang  4          : terdiri dari peserta level 1 dan 2
Ruang 11         : terdiri dari peserta level 2 dan 3

(Lampiran 7. Denah Ruang Level 1, Level 2,  Level 3)
(Lampiran 8. Foto-Foto Penempelan Informasi di Papan Info )

  1. Sponsorship dan Peliputan

Tujuan pencarian sponsorship adalah keinginan panitia untuk memberikan goodybag kepada seluruh peserta, baik itu makanan, minuman, majalah atau lainnya, sebagai sedikit bentuk reward, dengan mengirimkan beberapa proposal kepada perusahaan tertentu akan tetapi belum banyak mendapatkan hasil, untuk itu mohon dimaklumi.
Tujuan mencari agen atau media massa untuk meliput kegiatan ini, selain promosi sekolah yang murah juga memberikan kebanggaan, semangat dan motivasi kepada peserta semua karena kegiatan ini bisa diliput media. Media yang di undang antara lain:
1.      Kid Magazine
2.      Majalah Anak Imut
3.      Monitor Depok
4.      Harian Terbit
5.      Koran Pelita
6.      Dan salah satu media yang merupakan sponsor OSK itu sendiri

  1. Setting Lobby Penerima Tamu dan Lobby Promosi Sekolah

Dengan kesigapan bagian umum dan pasukan OB,  alhamdulillah....konsep yang kami sampaikan dapat di terapkan dengan berbagai masukan. Setting lokasi tersebut kami bagi menjadi 2 bagian yaitu:
1.      Lobby Penerima Tamu
Terdiri atas lokasi bazzar, meja penerima pendaftaran, meja penerima tamu /daftar hadir official dan seperangkat alat musik gending.
Untuk stand promosi Kuark sendiri,  berada di depan UKS berdampingan dengan stand Bank OCBC NISP sebagai sponsor utama OSK 2010.
2.      Lobby Promosi Sekolah
Terdiri atas meja hasil karya sains, papan informasi, papan pajangan karya lukis siswa, meja dokumentasi kegiatan, seperangkat layar dan LCD serta beberapa CD pentas seni siswa tahun lalu.Semuanya berada di lobby kelas 5

 (Lampiran 9. Foto-Foto Media Promosi Sekolah)

  1. Perijinan Parkir ke Lingkungan Sekitar

Dengan mengirimkan surat pemberitahuan kegiatan dan permohonan ijin penggunaan lingkungan perumahan untuk dijadikan lahan parkir sementara selama kegiatan berlangsung.

  1. Spanduk
           
            Terkirim bersamaan dengan berkas hari pelaksanaan, sebanyak 1 buah dan panitia melakukan negosiasi penambahan spanduk, akhirnya ditambahkan 4 buah spanduk walau bekas tahun sebelumnya. Spanduk Utama dipasang dekat rumah Pak Ayat, sedang yang lainnya berada di area parker, gerbang sekolah, depan auditorium dan depan kelas 4C.Seluruhnya terpasang dengan cepat oleh tim OB.

  1. Pertemuan Panitia

Mengingat kesibukan teman-teman guru mempersiapkan pentas seni serta kegiatan sekolah lainnya ,maka pertemuan panitia hanya dilakukan  2 kali mendekati hari “H” , selebihnya dengan pendekatan personal terutama untuk tugas tugas yang memerlukan persiapan cukup banyak dan panjang.

(Lampiran 10. Daftar Absensi Panitia OSK 2010 Pertemuan ke -2)
(Lampiran 11. Foto-Foto “ Rapat”)

Setelah penyampaian denah ruang dan petunjuk teknis kepada pengawas oleh pada koordinatornya, kami mempersiapkanan teknis pelaksanaan hari H” untuk melangsungkan upacara pembukaan, manakala pihak sekolah berkeinginan mengundang Kepala UPT Kependidikan TK/SD  Kecamatan Cinere , tapi alhamdulillah didapat kesepakatan dengan berbagai antisipasi.
Akhirnya  seluruh panitia dibantu pembantu sekolah dan pihak bagian umum mempersiapkan segala sesuatu untuk display esok sampai pukul 18.00 /(OB : 19.00 WIB)

  1. Anggaran Operasional Kegiatan

Alhamdulillah,  SD punya sedikit dana cadangan/dana taktis untuk persiapan kegiatan ini yang semuanya dilimpahkan dan diatur oleh Kepala Sekolah.

III.              URAIAN PELAKSANAAN KEGIATAN

I.                    Kehadiran Peserta

Pukul 06.45 peserta sudah ada yang datang, kemudian terus berlanjut disambut dengan alunan Degung Sasundaan oleh tim karawitan pimpinan Pak Emon, guru pembimbing dapat mengisi daftar hadir official bila berasal dari sekolah pada meja penerima tamu , bila tidak dapat langsung menuju papan informasi ruang peserta dan lokasi/letak ruang dengan bantuan pemandu ruang dan pengarah ruang.

(Lampiran 12. Daftar Absensi Official)


II.                  Daftar Ulang Peserta

Dilakukan di depan ruang tes masing masing peserta, rangkap 2, didampingi pengawas. Setelah mendapatkan tempat duduknya peserta berbaris di lapangan upacara untuk mengikuti upacara pembukaan.

III.                Upacara Pembukaan

Rencananya upacara pembukaan akan dibuka langsung oleh Kepala UPT Kec. Cinere yang baru yaitu Bapak Asy’ari S.Sos, akan tetapi setelah lewat dari waktu yang dijadwalkan Bapak Kepala belum hadir juga, akhirnya kegiatan di buka oleh Bapak Hendroko, selaku Ketua Bidang Pendidikan Yayasan Dian Didaktika. Tepat pukul 08.00 seluruh peserta sudah memasuki ruangnya masing-masing untuk segera melakukan persiapan-persiapan.

            (Lampiran 13. Agenda Acara Pembukaan Babak penyisihan OSK 2010)



IV.               Pelaksanaan Tes

Seluruh pengawas melaksanakan tugasnya di ruang masing-masing  sesuai ketentuan, mulai pukul 08.30 – 10.00 WIB dibawah koordinasi ketua pelaksana

            (Lampiran 14. Berkas Pengawas pada Babak Penyisihan OSK 2010)
            (Lampiran 15. Daftar Absensi Pengawas)
            (Lampiran 16. Foto-Foto Pelaksanaan Tes

V.                 Sponsor dan Peliputan Media

Sponsor yang terjaring hanya PT.Indomilk yang memberikan donasi produck sebanyak 5 karton (1 karton berisi 30 susu)  dan Majalah Anak Imut yang memberikan Majalahnya 1 edisi. Media peliput yang hadir dan melakukan wawancara adalah wartawan Majalah Anak Imut, Monitor Depok, Harian Terbit, Koran Pelita dan peliputan gambar dari media yang dibawa olah PT. Kuark Int.

            (Lampiran 17. Foto – Foto Peliputan)

VI.               Pelayanan Guru dan Orang Tua yang Menunggu

Melalui pengeras suara sesaat sebelum tes dimulai para penunggu dihimbau untuk senantiasa menjaga ketenangan dan dipersilahkan menunggu di tempat yang sudah disediakan panitia seperti musholla dan lobby kelas 5,  serta  diberikan informasi untuk mendapatkan makanan dan minuman seperti di kantin dan bazzar.

            (Lampiran 18. Foto-foto “Suasana Menunggu “)

VII.             Pasca Tes Selesai

1.      Pengawas              : melakukan pengecekan LJK peserta di ruang sekretariat OSK

(Lampiran 19. Foto-Foto “Mengecek Yuuk..”)

2.      Seluruh Peserta     : himbauan menyimpan tanda pesertanya dengan baik,
  diperbolehkan pulang
3.      Guru pembimbing yang membawa anak didiknya : diperbolehkan foto bersama oleh  media dan makan siang bersama dengan rombongan sekolahnya dengan tetap dihimbau menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

            (Lampiran 20. Foto-Foto “ Makan Siang”)

4.      Seluruh Panitia      : diperkenankan makan siang dan pulang

(Lampiran 21. Foto-Foto “Usai Sudah”)

5.      Koordinator Pelaksana Kegiatan              : menandatangani berita acara dan segel lembar jawaban komputer kemudian diserahkan kepada perwakilan panitia pusat (diwakili oleh Kak Miftah dan Mbak Novi).

IV.              LEMBAR KESAN DAN PESAN

Tak ada gading yang tak retak ...tak ada kegiatan yang sempurna....manusia hanya berusaha ....Alloh SWT - lah segalanya.....

            (Lampiran 22. Lembar Kesan dan Pesan Pengunjung)

V.                PENUTUP
Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi  semua...Amiin.

           
            Cinere, 21 Pebruari 2010
            Koordinator Pelaksana Kegiatan
            OSK Centre SDI Dian Didaktika



            Dwi Supartini Margiyanti, S.Pd

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar